Terputar

Title

Artist


Berikut enam cara menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja yang bisa kamu terapkan:

Ditulis oleh pada Februari 25, 2023

Pekerjaan sering jadi penyebab stres. Jika dibiarkan dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Stres yang berlebihan tidak hanya menciptakan emosi negatif, tetapi juga menurunkan tingkat produktivitas dan membuat sulit untuk fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Maka dari itu, diperlukan cara untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja.

Bagaimana cara menjaga kesehatan mental saat tekanan kerja terlalu tinggi? Berikut enam cara menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja yang bisa kamu terapkan:

1. Biasakan Hidup Sehat
Sebagai pekerja kantoran, kamu mungkin sering menghadapi deadline yang membuat jam tidur jadi berantakan. Hal ini dapat menyebabkan stres. Maka dari itu, mulailah mengubah gaya hidupmu dengan rutin berolahraga atau makan-makanan sehat. Lalu coba perbaiki manajemen waktu kamu agar tidak sering deadline lagi. Karena waktu tidur dapat mempengaruhi kesehatan fisik maupun mentalmu. Kondisi fisik dan mental yang prima akan membuat kamu semangat bekerja.

2. Kondisi Hidup yang Nyaman

Lingkungan yang nyaman akan membawa pengaruh positif pada diri. Jadi ciptakanlah kondisi-kondisi yang akan membuat kamu merasa nyaman. Contohnya seperti ini. Kamu biasanya merasa nyaman jika sudah mengeluarkan keluh kesah. Nah, carilah teman yang akan mendengarkan keluh kesahmu itu. Cara ini kelihatannya simpel, namun bisa memberi sedikit pengaruh positif bagi mentalmu.

3. Stop Bicara Negatif tentang Diri Kamu
Mengatakan hal-hal negatif pada diri sendiri akan memperburuk keadaan mentalmu. Semua orang pasti pernah mengalami fase kegagalan, namun jangan sampai kamu menyalahkan diri dan bicara negatif pada dirimu. Daripada terus menyalahkan diri, lebih baik belajar memperbaiki kesalahan tersebut sambil mendorong diri dengan kata-kata yang positif.

4. Luangkan Waktu untuk Bersantai
Pekerjaan di rumah dan kantor seringkali membuatmu kewalahan. Di tengah aktivitas yang super padat, tetap pastikan dirimu punya waktu luang untuk bersantai dan menjernihkan pikiran. Misalnya dengan menonton drama korea favorit, jalan-jalan ke mal, atau meditasi. Lakukan apa pun yang membuatmu merasa rileks.

5. Jalin Hubungan Baik dengan Mitra Kerja
Bangun hubungan yang baik dan erat dengan rekan kerja, ini akan sangat membantu pekerjaanmu di tempat kerja. Dengan menjalin hubungan baik, kamu tidak akan merasa sendirian bila menemui kesulitan terkait pekerjaan.

6. Jaga Hubungan Baik dengan Keluarga dan Teman
Buat para karyawan yang merantau ke kota besar, pasti sering merindukan keluarga di kampung halaman. Sejauh apa pun kamu dengan keluarga, tetaplah jalin komunikasi dengan mereka.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan